Jurnal Lawatan Menlu RI di Filipina

 

Pada tanggal 23–25 November 2009, Menteri Luar Negeri RI, Dr. R. M. Marty M. Natalegawa telah melakukan kunjungan ke Manila, Filipina. Kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan ke negara-negara ASEAN dalam rangka perkenalan sebagai Menlu RI. Kunjungan ke Manila tersebut bertepatan pula dengan Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik RI – Filipina yang jatuh pada tanggal 24 November 2009.
Selama di Manila, Menlu Dr. Marty Natalegawa telah mengadakan kunjungan kehormatan (courtesy call) kepada Presiden Republik Filipina, Gloria Macapagal-Arroyo (25/11) di Istana Malacañang. Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan juga menegaskan kembali komitmen Pemerintah Indonesia untuk senantiasa meningkatkan hubungan bilateral dengan Filipina.
Sebelumnya, Menlu Natalegawa telah mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menlu Filipina, Dr. Alberto G. Romulo (24/11). Dalam kunjungan tersebut, Menlu RI menyampaikan kebahagiaannya atas capaian hubungan bilateral kedua negara selama ini. Menlu RI juga menegaskan keinginan yang kuat untuk bekerja sama secara erat dengan Menlu Filipina, baik dalam upaya hubungan bilateral maupun kerja sama regional, yaitu khususnya dalam ASEAN.
Pada hari yang sama, Menlu Natalegawa turut menghadiri acara Resepsi Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik RI–Filipina yang diselenggarakan oleh KBRI Manila. Resepsi tersebut dihadiri pula oleh Menlu Filipina dan Duta Besar Republik Filipina untuk Republik Indonesia, Vidal Erfe Querol. Dalam sambutannya, Menlu RI menyampaikan bahwa hubungan bilateral RI–Filipina saat ini telah mencapai kondisi yang sehat dan kokoh, diantaranya dibuktikan dengan peningkatan nilai perdagangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Komitmen kedua negara terhadap nilai-nilai demokrasi juga merupakan kekuatan untuk senantiasa bersama-sama menjadi pilar demokrasi di kawasan. Pada akhir acara, Menlu RI telah menerima secara simbolis Buku Kenangan Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik RI–Filipina, yang diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Republik Filipina, Prof. Dr. Irzan Tandjung.
Di sela-sela kunjungan ke Manila tersebut, Menlu Dr. Marty Natalegawa juga berkesempatan melakukan serangkaian kegiatan, yaitu peletakan karangan bunga di Rizal Park, wawancara dengan Foreign Correspondents Association of the Philippines (FOCAP), konferensi pers dengan media massa nasional dan internasional; dan wawancara dengan ABS-CBN News Channel.

Dalam kesempatan wawancara dan konferensi pers, Menlu Natalegawa menyampaikan maksud kunjungan beliau untuk memperkenalkan diri kepada mitra kerjanya sebagai suatu tradisi di antara negara-negara ASEAN, termasuk untuk bertatap muka dan berbagi informasi dengan komunitas media di Filipina. Philippines News Agency (PNA), Manila Bulletin dan Philippines Star merupakan sejumlah media massa nasional Filipina yang hadir dalam kesempatan konferensi pers kali itu. (Sumber: KBRI Manila)